::: KEHIDUPAN BARU, RUMAH BARU, TEMEN BARU, MAHASISWA BARU ::



Hampir 1 tahun sudah cerita ini gue alami tentang bagaimana gue menghadapi kehidupan baru yg beda dari biasanya karena pindah kota karena kuliah, rumah baru yg berarti udah beda, mandiri dan harus hidup di kamar rumah orang lain (Ngekos), Dapet temen baru yg bermacam-macam spesies dan menjadi Mahasiswa Baru di Universitas yg menjadi kebangaan bagi gue. Setelah lulus SMK gue agak bingung antara kuliah atau kerja tetapi akhirnya gue memutuskan untuk kuliah aja biar otak gue gak ngangur dan berkarat. Saat daftar di kuliah mungkin udah lama juga gue nunggu universitas yg mau nerima kerupawanan gue #Hueekk. Sebagai calon mahasiswa dan sulitnya masuk Univ ngebuat gue ngangur beberapa bulan, setelah berdiskusi dengan ortu, ortu lebih memilih untuk gue mengotori kota jember karena lebih deket dan enak kalo ada apa-apa.
Kenapa kok harus pindah kota?? Itu karena ada pepatah yg mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina” berhubung gue gak punya paspor dan budget ke cina gue kurang dan jadilah gue terdampar di Jember. Kenapa gue memilih Jember?? Soalnya di jember itu enak banyak orang Cina, kalo di Cina mana ada orang Jember? (BeneJokes). Setelah beberapa kali ditolak dan akhirnya penantian panjang gue selama ini, gue diterima juga di UJ lalu lagu Queen-We Are The Champions berkumandang di hati gue. gue takut banyak yg ngira nanti UJ itu Univ. Jomblo bukan tapi Universitas Jember gue diterima di FH dan ini juga akan jadi petualangan baru gue. Ini juga jadi awal kehidupan baru gue di kota Jember dan bagaimana gue bisa survive jauh dari keluarga. Dan gue yakin akan banyak cerita ketika gue disini Don’t Miss It :D. Saat yg gue tunggu-tungu tiba yaitu pindah kota, bertahan hidup dan keluarga gue juga ngasih pesan & nasihat saat gue mau berangkat perang ke Jember.
“Ayah dulu sudah biasa ngekos mulai di Mojokerto,Surabaya & Lumajang, sampai sekarang tetep di Lumajang” kata My Father
“SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU” kata My Mother       
 “Wes minggato kono!!”(Sudah pergi sana!!) kata My Brother
Keliatannya kakak ku udah bosan liat muka gue :’( .Hubungan Gue dengan my kakak emang mirip Tom & Jerry kadang pukul-pukulan, berantem, usil, jail dll kalo lagi akur peluk pelukan, maen game bareng, nonton tv bareng dll
Oh iya gue di Jember nge kost loh dan mencari kosan itu susah sama kayak mencari pasangan gimana yg cocok dan sesuai dengan hati kita mulai dari di liat dari suasana dan kenyamanan daerah tersebut sampai dari letak dari kosan tersebut setelah dapet kosan yg cocok finally gue jadi anak kos-kosan juga soal ngekos in the kos gue udah tau semuanya (Congkak!!) karena gue sering maen ke kosan temen gue dulu pas SMK. gue juga sering tanya ke dia apa aja yg perlu pas ngekos dan sampai saat sekarang gue masih sering sharing ke dia tanya apa tentang dia dulu seperti “loe klo mandi dimandiin apa gak?”, “loe dicebokin ibu kos loe kan?”. “ibu kos loe zodiaknya apa?” ini bener-bener KEPO.
Saat pertama kali pindah ke kosan perasaan emang agak berat dan ada yg beda karena gue kangen kasur, bantal, guling di rumah. Ada sesuatu yg beda saat malam pertama tidur di kosan gue, awalnya susah tidur  mungkin karena masih kepikiran rumah terus walau akhirnya bisa tidur juga pagi nya gue bangun dan melihat sekitar agak gusar dan kebingunan lalu gue teriak “Gue dimana sekarang?” “Siapa yang udah menculik gue?”  dan “Apakah gue masih perawan?” (Ini terlalu dramatikali)
Disini temen sekampus gue berasal dari berbagai kota dan pulau di Indonesia mulai dari sabang-maraoke disini sih cewek nya cantik-cantik, cowok nya pun juga ada yg cantik (banci maksudnya?). banyak banget yg kenalan sama gue disini mulai dari yg sekota sampai dari yang beda pulau. Dan gue juga kenalan dengan anak Jakarta katanya, dia emang keren tapi sebelas dua belas lah sama gue, perbedaan nya cuma satu, dia keren dan gue cemen. Kejadian kamprett kenalan dengan anak  jakarta
“Kenalin gue crittt #Sensor” ucap dia
“aQ zaky, dari mana mas??” ucap Tobey Maguire (gue)
“dari Jakarta, klo mas nya??” ucap dia
“oh.. saya dr lumajang” ucap Tobey Maguire (gue) lagi
“Lumajang? Itu dmn??”  ucap dia
“deket kok?” sahut gue
“Surabaya?” tandasnya
“kejauhan” ucap gue
“probolinggo?”
“sebelum probolinggo itu lumajang” ucap gue
“Owh deket berarti ya” ucap dia
Anjirrr kota gue ternyata gak dikenal gue sebenarnya pengen nunjukin atlas terus ngasih tau ini kota, ini kota gue lalu nari oplosan depan dia.
Gue  juga kenalan sama anak Jakarta yg lain namanya titit #Sensor ini orang hina banget dan mungkin kalo orang Jakarta tau si titit mungkin dia udah dibuang ke zimbabwe dia klo ngomong pake bhs gaul dan dia bilang di Jakarta itu cuma ada 2 bhs bro, kalo gak bhs Indonesia berati pake bhs Alay lalu dia ngejelasin pake bhs Alay sambil mulut dimancungin “Cemungudt Eaa, Folback qaqa’ , muucih ea, leh nal gak?” Dll. gue merasa semoga dia gak alay beneran #PrayForTitit dia juga gak bisa diem dan ngomong terus sempet temen-temen gue pengen nyumpel pake serbet tuh orang biar diem sebentar.

Sebagai mahasiswa baru padahal muka udah tua, Gue disini harus melewati yg namanya PK2 kalo dulu namanya Ospek. untung aja disini PK2 nya gak disiksa, gak dirantai or disuruh bawa yg aneh-aneh. Tapi disini seniornya sering modusin maba contohnya “Adik-adik tolong no hp nya ditulis dikertas ini biar kalo hub temen2 nya enak” ini modus level ke berapa gitu?? gue lupa. Hampir seminggu lebih gue harus ngelewatin kampretnya PK2.
 Setelah melalui perjalanan yg panjang, kuli itu tukang dan BH itu kutang. Gue sekarang udah jadi Mahasiswa yg artinya MAHA= besar, SISWA=Murid jadi Murid paling besar, murid paling super  yg intinya murid dari segala murid dan bedanya sama di high school  jadi mahasiswa itu bebas banget contoh: Pake sepatu apa aja boleh, Pake celana apa aja boleh dan Gak pake  celana aja boleh. Ada juga yg rambutnya dicat warna-warni keren sih tapi kalo gue liat-leat mereka, gue jadi inget ayam warna-warni di depan SD gue dulu :D, Rambut dipanjangin di depan, gue pikir mereka buat nutup mata or mereka pengen buat helm pake rambut. What they did maybe the best for them
            Overall, dari semua tulisan ini mengingatkan gue pada buku bang radityadika di judul dan bab yg sama yaitu “Manusia Setengah Salmon” intinya adalah ikan salmon melakukan perpindahan tempat yg jauh hanya untuk mencapai tujuan mereka yaitu bertelur sedangkan untuk manusia mereka akan melakukan imigrasi, perpindahan, perubahan demi mencapai tujuan hidup mereka masing-masing (kesuksesan). Dan gue jadi tersadar temen-temen gue dulu pas SD yg dulu cemen banget sekarang udah gak cemen lagi, Temen SMP gue yg dulu cupu abis sekarang udah gak cupu lagi malah keren dan temen SMK gue yg baru kemarin masih bercanda-canda, main bareng sekarang banyak yg bekerja dan ada yg pindah kota/pulau dan ada juga yg udah menikah dan gue selalu berharap yg terbaek untuk mereka. Temen deket gue pas SD,SMP dan sampai saat ini yg dulu sering gue bully, gue cemen-cemenin dan sering gue jorokin ke selokan. sekarang dia udah kuliah di Jakarta dan gue hanya bisa berkata buat seluruh temen gue “I wish u all the best my friends” dan gue pun juga pindah kota ini hanya untuk mencuri ilmu demi masa depan yg lebih baik, kalo ngomong tentang kegalauan gini gue jadi pingin ngeruk-ngeruk tanah aja.


Oh iya.. setelah hampir 10 hari tinggal di Jember gue akhirnya pulang kampong juga horee… perasaan gue sih seneng dan pas sampai di kota tercinta (Lumajang) gue lewat jalan-jalan disana dan gue merasa apa benar ini kota tempat kelahiran gue oh.. ternyata iya. Pas sampai dirumah pun juga begitu gue buka pagar rumah terus masuk gue terasa agak asing dan gue lihat sekitar ternyata didinding udah ada yg berubah ada foto-foto gue pas wisuda dan menjadi pertanyaan gimana keadaan kamar gue sekarang apakah masih tetap ada poster-poster  bola, bola sepak dan juga kasur empuk gue dan ternyata masih tetap semua dan tertata rapi dan gue merasakan apakah ini yg namanya jetlag ahh.. sudahlah. 

Comments

Popular posts from this blog

:: NASKAH DRAMA PUTRI SALJU ( REMAKE) ::

:: KEHIDUPAN ::

:: SELAMAT DATANG 2016 ::