:: GUE SMK DAN GUE BANGGA ::





Kenapa gue buat tulisan ini? Bukan buat nyombong tapi Karena gue ingin ngungkapin unek-unek gue selama ini pas dulu gue lulus dari SMK. Ketika gue ditanya temen-temen gue yg laen “loe lulusan apa?” SMK, apa? Lalu dia mangap 5 detik. Kayaknya gue hina banget sekolah di SMK tapi apa perasaan gue aja kayak gitu? (whatever, I still confused). Gue lulusan SMK finance (Marketing) dan sekarang udah kuliah di Hukum UNEJ. Dalam hati ini emang sempet berkata ngapain gue sekolah di SMK dulu 3 tahun gak dapet apa-apa, ilmu yang dipake sekarang juga udah gak ada, gue masuk kuliah negeri juga sulit, kalo nyari kerja juga gitu2 doang, Apa untungnya coba?? Mungkin anak SMA pun udah tertawa melihat tulisan gue, Moga aja tidak?

Dalam hal masuk kuliah saja gue sulit banget untung2 kalo ada anak SMK yg lolos lewat SNMPTN itu bejo banget bray karena itu gak pake tes. Coba aja anak SMK tes lewat SBMPTN yang pake tes IPA or IPS yah gue sebagai anak SMK finance jujur cuma bisa mangap doang IPA gak bisa sama sekali dan IPS di SMK cuma diajari dasar doang tapi anak SMK TI (Teknologi Informasi) kebalikannya di ajarin IPA dasar dan IPS juga. Gue pun masuk PTN juga lewat jalur mandiri/ jalur paling akhir/hina dan itu pun gue berjuang dengan membeli buku SMA IPS lalu gue pelajari tiap hari hasilnya Alhamdulilah gue diterima di PTN. Harusnya pemerintah lebih cerdas dalam hal ini dan melihat potensi siswa-siswi SMK kalo ingin masuk PTN gak semua murid SMK kok yg langsung ingin kerja. Dan gue udah jadi korban kejenjangan pendidikan harusnya mereka ngebuat tes berbeda antara SMA dan SMK dalam masuk PTN.

Tapi pada suatu sisi kadang gue merasa bangga banget jadi siswa SMK. Bagaimana tidak? Anak SMK udah ngerasain kerasnya persaingan dalam dunia kerja. 6 bulan adalah waktu buat anak SMK finance untuk magang walau dibagi 2 period yaitu pas kelas XI dan XII. Di SMK juga diajari tentang hidup disiplin dengan baju dimasukin, memakai dasi/hasduk dan memakai sepatu hitam dan itu juga menjadi nilai plus bagi murid SMK dan coba kalian bayangkan jika anda suatu saat bekerja dikantor apakah anda akan memakai sepatu warna-warni dan tidak memakai dasi (your answer in your brain). Oh iya Gue juga diajarin sebagai entrepreneurship (wirausaha) sama SMK gue mulai dari cara menjual, promosi, dan juga produksi gue diajarin bagaimana gue ngebuat produk dan langsung gue jual pada saat itu juga.

Gue juga kadang inget dulu pas magang di salah satu toko ternama. gue bersama kerja bareng mereka (pegawai toko) gue sempet merasa iba pada mereka soalnya mereka bekerja dengan tujuan hidup masing-masing ada yang kerja demi keluarganya dan suaminya, ada juga yg bekerja demi orang tuanya dan ada juga yg bekerja demi dirinya sendiri (merantau). Harusnya kalian bangga dengan hidup kalian (pembaca) yang hidup mewah setiap hari termasuk juga gue jika melihat mereka (pegawai toko) yg bekerja dengan tujuan demi rupiah dan juga terkadang gue berfikir upah mereka belum standar UMR. Lagi-lagi pemerintah wajib disalahkan dan harus lebih cerdas dalam hal ini, kasian mereka yg bekerja tiap hari hanya digaji di bawah UMR. Mana pemerintah, mana pemerintah!!

Sebagian anak SMK juga ngerasain bagaimana rasanya bekerja dan mendapat gaji. Yang  gue rasain saat mendapat gaji adalah bekerja itu sulit untuk dapat rupiah jadi janganlah kalian boros. Dan setelah itu gue merasa kasian pada orang tua dan wajib hidup hemat dan jangan boros. Hasil dari gue magang itu banyak gue punya temen2 baru dan udah seperti saudara sendiri, gue juga tau tentang karakter tiap orang itu beda ada yang diem, suka bacot, marah2 gak jelas dan ada suka bercanda dan gue juga dapet banyak barang mulai dari aksesoris, alat keperluan sekolah dan alat komunikasi  yang gue beli dari upah hasil dari magang. Magang itu berguna bagi anak SMK dan itu menyenangkan kok :D. Sebenarnya cerita gue masih banyak dan panjang tapi gak mungkin gue certain semua.


Overall, Harusnya gue gak mengeluh karena sekolah di SMK, banyak ilmu yg gue dapet dan ilmu itu mungkin gak berguna sekarang tapi berguna dimasa depan, masalah kerja atau rejeki biar Allah yang mengatur #OkeSip. “Gue SMK dan Gue Bangga” karena gue merasakan arti tentang sulitnya hidup, bekerja demi tujuan dan rasanya mendapatkan upah. Seharusnya anak SMK juga bangga melihat tulisan gue ini :D Ingat!! Kalian punya Visi dan Passion

Comments

Popular posts from this blog

:: NASKAH DRAMA PUTRI SALJU ( REMAKE) ::

:: KEHIDUPAN ::

:: SELAMAT DATANG 2016 ::