:: AKIBAT DARI SUARA CEMPRENG ::




            Ngomongin soal suara, semua orang pasti punya suara berbeda-beda dan mungkin itu juga menjadi ciri khas bagi orang tersebut. Wibawa seseorang terkadang juga dinilai dari suara. Jika menganalisa tentang budaya,suku dan bahasa di Indonesia, kita pasti tahu bahwa ragam bahasa di Indonesia sangat bermacam-macam itulah yg membuat suara orang tersebut jadi terdengar berbeda dengan ditambah khas daerah (logat) asalnya contoh orang jawa dengan logat khas halus & santun, orang Madura dengan logat khas yg kental seperti suara keras atau ciri pengucapan yg berbeda dll itulah yang menjadi ciri khas setiap suku di Indonesia. Dan itu menjadi mudah untuk membedakan dari suku mana seseorang berasal.
            Berdasarkan fakta tadi gue merasa ada yg salah dari diri gue sejak zaman orde baru sampek era reformasi dan saat gue pakai seragam putih-merah, biru-putih, abu-abu sampai gue kuliah kayak nya ada yang aneh dari diri gue, gue orang jawa dan tanpa gue sadari suara gue ini berbeda dari yg laen dan juga menjadi ciri khas gue. Setiap kali gue ngomong sama temen pasti udah tau kalo itu gue dan menjadi masalah adalah suara gue itu unik (baca: Cempreng) ini ngebuat gue dalam bernyanyi gue kurang pede soalnya suara gue cempreng terus gue juga gak pede kalo telponan sama cewek nanti takut gue dikira telponan sama koala tomboy, itu karena suara gue cempreng kayak tikus kena injek gajah.
Sewaktu itu ketika pas hari minggu gue dirumah lagi diem nonton kartun sponboobs dan saat itu rumah lagi hening banget karena ibu dan bapak gue lagi keluar pergi ke pasar, kakak lagi kerja, pas asyik-asyiknya nonton tv tiba-tiba ada suara “Krrrrrringggggg” terdengar suara telpon di rumah gue berbunyi karena gak ada siapa-siapa jadi gue memberanikan diri untuk angkat telpon itu.
“Halo, Selamat Pagi”
“Iya, Selamat Pagi, ini dengan siapa?”
“Ini dengan Bu Bambang, ibuknya ada?”
“Barusan keluar pergi ke pasar bu”
“Oh.. nanti aja ya tak telpon lagi, mbak” 
“Iya nanti saya bilangin ke ibuk”
“Mbak nya ini masih SMP ya”
“Iya masih SMP”
“Yaudah mbak, nanti tak telpon lagi”
“Tuuutttttttttttttt”  Telpon ditutup
Gedubrakk.. gue dikira cewek sama ibu-ibu penelpon tadi perasaan di hati saat itu gue kesel, gue bete, gue sebel dan gue telanjang (ini gak nyambung). Sebenarnya gue pengen melakukan pembelaan terhadap diri gue kalo gue bukan cewek tapi cowok dan apa daya barang bukti untuk menunjukan kalo gue cowok itu tidak berdasar karena sudah terdengar jelas suara gue yg cempreng saat ditelepon teridentifikasi sebagai suara cewek dan jika saat itu melakukan pembelaan mungkin hasilnya seperti ini
“Halo mbak”
“Maaf, saya cowok bu”
“Lha ini kok suara cewek”
“Kalo gak percaya saya punya titit dan saya bisa tunjukan”
“Oh.. jadi mbaknya ini udah melakukan transgender toh”
“Tuuttttttt………. *
Banting Kabel telpon*”
Ternyata nasib suara cempreng gue tidak terselamatkan meskipun ngaku cowok mungkin hasilnya akan seperti itu tadi. Apa yg harus aku lakukan?? Apa gue harus nonton tv sambil kayang, Apa gue harus mandi sambil telanjang, Apa gue harus ngambang aja dikali biar dikira buaya nyasar salah habitat dan Apa gue harus ngomong Apa,apa, apa (Ini Apa’an sih??).
            Nasib suara cempreng gue itu terus berlanjut ke semua orang yg telpon sama gue pasti bilang suara gue cewek. Kamprett!! Ada juga pada saat terik siang dirumah air galon nampaknya  lagi habis dan gue disuruh nelpon ke toko nasional oleh sang ibuk dan gue sebagai anak yg berbakti pada nusa dan bangsa langsung melakukannya dengan tempo yg secepat-cepatnya.
            “Halo, Apa ini toko nasional?”
            “Iya, benar”
            “Pesen galon 2 tolong dikirim, Mas”
            “Baik, Ibu alamatnya dimana?”
            “Maaf, saya anaknya?” berguman dalam hati Jrengg gue dikira cewek lagi
            “Oh.. Mbaknya alamatnya dimana?”
            “Saya laki-laki mass!!”
            Heninggg
Yang gue rasakan saat itu adalah setiap orang yang nelpon gue pasti mengira kalo gue ini cewek-cewek tomboy yang biasa ngomong alay diprampatan sambil bawa kecrekan. Dan gue mencoba menganalisis kenapa sih gue dibilang cewek mulu kalo lagi telponan dan gue coba untuk berfikir inovatif gimana kalo telponan dengan keluarga gue aja atau dengan saudara-saudara biar tidak terlalu malu-maluin dan apakah masih dibilang cewek apa gak? Perasaan itu memang selalu melekat dihati gue.
Setelah gue memesan galon dan pas itu ibuk lagi pergi arisan dan mungkin ibuk gue lagi khawatir terhadap galon ketimbang gue dan saat khwatir mungkin dia akan telpon ke gue, mungkin tentang galon yg udah gue pesen tadi. *Ringtone western* dari hp gue dan agak takut gue gemeteran mau angkat takut dikira cewek lagi tapi gue coba berani dengan semangat 45 dan gue pasti bisa!!
            “Halo, ki” ucap ibuk
            “Galon nya udah dianter apa belum?”
            “Udah
, barusan, buk”
            “Oh yaudah, jangan lupa diganti galon nya”
“Iya….”
Yeee…. Yes! Yes! Yes! Gue seneng setengah mati pas tau kalo gue gak dikira cewek lagi dan pas itu gue pengen ngadain slametan tumpengan buat kucing liar deket rumah. Gue juga pengen kayang, salto, jungkir balik pas gue gak dibilang cewek lagi tapi gue sadar gue gak bisa kayang, salto, jungkir balik Hahaha.. (Senyum Kesenangan). Pokoknya perasaan saat itu seneng banget dueh.
            Pas sore hari ibuk lagi masak gue ngedeketin dia lalu dia tanya sesuatu ke gue “tadi siang yang angkat telpon siapa?” “lha terus siapa kalo bukan aku”, lalu beliau bilang dan gue gak akan pernah lupa “Ohh… gak apa-apa tak kira tadi Firli, soalnya suaranya mirip banget” Haa.. gue mangap kaget, Firli adalah cewek tetangga deket rumah yg gak alay dan gak tomboy. Langsung saat itu gue cuma bisa gondok segondok-gondoknya ya ternyata tetep aja cuma bedanya gue disamain sama cewek yg gak tomboy doang.

Akibat dari suara cempreng pas SMP sampek SMK gue jarang angkat telpon dari temen-temen gue, bukanya gue sombong, arogan, ataupun keras kepala (itu artinya sama semua bego’) tapi karena gue malu dengan suara gue yg cempreng ini nanti gue takut dikucilkan dikelas lalu banyak yg bilang “Woi temen-temen, ternyata suara Zaky kayak tante-tante gembira, rek” ya mungkin saat dihina gitu gue cuma bisa ngeces dan cengengesan ala tikus got dan sebisa mungkin mencoba sok pahlawan membela ala Dian Sastro di AADC sambil bilang “Jadi itu salah gue?, Salah ibuk gue?, Salah suara cempreng gue?” AhhSu... dahlah…

Comments

Popular posts from this blog

:: NASKAH DRAMA PUTRI SALJU ( REMAKE) ::

:: KEHIDUPAN ::

:: SELAMAT DATANG 2016 ::